Apakah Kanker Bisa Menular?

TANYA:
Dok,apakah kanker serfik bisa menular dan melalui apa penularanya?

JAWAB:
Kanker mempunyai sifat yang dapat membentuk anak sebar atau metastase,sebagai contoh,seorang ibu menderita kanker di payudara di sebelah ketiak,paru-paru,hati,otak,dan organ lainya.karena itu,meskipun payudara telah di oprasi,si ibu tetap saja meninggalkan dunia karena anak sebarnya.

Kanker bisa sembuh pada setiap manusia mulai dari bayi sampai orang tua,tetapi yang paling sering menyerang adalah orang dewasa pada usia 30 an.kanker lebih banyak menular ke wanita di banding pria,perbandingan pria dan wanita=5-3.pada wanita,paling banyak di temukan kanker pada mulut rahim,payudara dan hati.

Apakah kanker itu menular sebetulnya kanker tidak bisa menular yang menular adalah virusnya yang menular.sebagai contoh,kanker serfik dapat di sebabkan oleh HPV (human papilloma virus invection 18.dapat ditularkan melalui senggama.saat ini kita bersyukur karena ada vaksin untuk mencegah tertularnya virus HPV yang dapat di berikan pada usia10-50 tahun.

virus penyebab kanker hati yaitu virus hepatitis B juga dapat di tularkan melalui ludah pada peralatan makanan maupun ciuman dan urin.pengobatan dasar kanker ialah oprasi,penyinaran dan obat-obat kimia.

Hal yang menyebabkan sebagian besar penderita kanker datang terlambat adalah karena umumnya kanker stadium dini atau pemula tidak menimbulkan gejala dan biasanya tanpa rasa sakit sama sekali.

Tak ada panas badan maupun nyeri sehingga kita tidak sadar akan ada kanker di tubuh kita. karena itu penting sekali mengetahui apa kanker itu,bagaimana mencegah dan apa-apa penemuan dini atau penemuan kanker pemula 

sumber

Arsip Blog